Kisah dari buku Sentuhan Jiwa

SEBUAH KISAH SIMBOLIK
dikutip dari buku Sentuhan Jiwa Untuk Anak kita.........
Pada zaman dahulu kala tersebutlah sebuah keluarga yang sedang mempersiapkan sebuah perjalanan tengah sibuk berkemas dan memuat semua barang yang mereka bawa ke atas punggung beberapa ekor unta.

Tapi karena sedemikian banyaknya barang yang dibawa,akhirnya ada salah seekor unta yang mendadak ambruk terduduk disebabkan terlalu beratnya beban yang di muat di punggungnya.
Di tengah keadaan itu,tiba tiba ada seorang anggota keluarga yang teringat batu penggiling gandum yang rupanya masih tertinggal di dalam rumah.Orang itu pun segera masuk dan mengambil batu penggiling gandum yang berat itu kemudian ia meletakkannya diatas punggung unta yang masih duduk karena keberatan beban.

Ketika orang itu baru ingin meletakkan batu penggiling gandum yang diambilnya,tiba-tiba seorang saudanya yang lain berseru: "Kak,jangan taruh batu penggiling gandum itu ke punggung unta itu.Karena ia sudah tak mampu berdiri lagi disebabkan beban yang terlalu berat di punggung nya."

Tapi sebelum sempat orang yang membawa batu penggiling gandum itu mengurungnkan niatnya,tiba-tiba si unta berkata,"Sudahlah,biarkan saja batu penggiling gandum yang berat itu di letakkan ke punggungku.Saya sama sekali tidak keberatan untuk memanggulnya karena toh saya sudah tidak bisa kemana-mana disebabkan beban yang berlebihan di punggungku ini."

Itulah sebuah contoh dari kisah simbolik yang mengandung makna bahwa siapapun yang membebani anaknya dengan sesuatu yang tak mampu dipikul si anak,maka sebenarnya itu sama saja dengan meminta si anak untuk tidak melakukan apa-apa.
Kalaupun si anak memaksan diri untuk melaksanakn perintah yang terlalu berat itu ,pastilah ia tidak akan dapat menyelesaikannya dengan baik.

Wahai para pendidik sekalian ,jika Anda dan anak Anda sudah kelelahan untuk melakukan berbagai macam pekerjaan,dan Anda sudah kecapaian untuk terus menerus berteriak agar anak Anda mau menyelesaikan pekerjaan rumahya,maka saya memiliki sebuah nasihat pendidikan untuk Anda: "Jika Anda ingin dipatuhi,maka perintahkan sesuatu yang dapat dilakukan"

Oleh :Dr Muhammad Muhammad Badri

Artikel Lainnya

Jangan Putus Asa !

ANDA PUTUS ASA ? BERSUJUDLAH Jika anda merasa stress,selalu pusing atau sakit kepala itu adalah penyakit-penyakit yang menyebabkan anda putus asa. Anda sedang...

Sentuhan Jiwa untuk Anak Kita

Seorang pendidik yang bijak haruslah menjadi seorang pembimbing, bukan pemerintah; teladan, bukan pengkritik; bagian dari solusi, bukan bagian dari masalah; tidak membimbing anaknya...

Kisah dari buku Sentuhan Jiwa

SEBUAH KISAH SIMBOLIK dikutip dari buku Sentuhan Jiwa Untuk Anak kita......... Pada zaman dahulu kala tersebutlah sebuah keluarga yang sedang mempersiapkan sebuah perjalanan...

Cuplikan kisah dari buku "Rumahku Surgaku"

Prof.Dr Shalih Al Ayid berkata dalam buku itu , "Sesungguhnya doa ibu tidak mungkin meleset.Ibuku-semoga Allah merahmatinya- selalu ridha terhadap anak-anaknya dan sangat...